Samuel Shawn Terah

12170137

Web Design



Masalah Pendidikan Di Indonesia

Biaya Pendidikan Yang Mahal

Biaya pendidikan adalah masalah pertama yang dihadapi orang-orang yang berada di bawah garis kemiskinan dan sering kali anak-anak yang berada dibawah garis kemiskinan sekolahnya akan diterbengkalaikan, karena dari pihak orang tua sudah tak menyanggupi biaya sekolah dan lebih mementingkan kebutuhan untuk hidupnya sehari-hari.


Fasilitas pendidikan yang kurang memadai

Fasilitas pendidikan yang kurang memadai juga sebuah permasalahan pendidikan di Indonesia. Banyak sekolah-sekolah yang bangunannya hampir roboh, sudah tak layak dipakai untuk proses pembelajaran, tidak memiliki fasilitas seperti kursi, meja belajar, buku, perlengkapan teknologi dan alat-alat penunjang lainnya yang mengakibatkan kurang optimlnnya pendidikan di Indonesia.


Memiliki guru yang tidak terlatih

Guru merupakan faktor yang penting dalam proses pendidikan, karena guru adalah seorang pengajar dalam mengajarkan ilmu pengetahuannya supaya anak-anak bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang telah diajarkan gurunya. Tugas utama seorang guru ialah mendidik, mengajar, membimbing, melatih dan menilai dan mengevaluasi anak didiknya.

Apabila guru yang mengajar tidak terlatih makan proses belajar mengajar akan terhambat, karena guru yang mengajar tidak terlatih atau kurang profesional dalam hal belajar mengajar, dan apabila tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan anak-anak merasa kurang mendapatkan ilmu pengetahuan dari gurunya. Sedangkan tujuan awal adanya pendidikan itu untuk menambah ilmu pengetahuan agar suatu saat nanti anak-anak penerus generasi bangsa bisa memajuakan bangsa dan negaranya.


Kurang Bahan Belajar

Faktor selanjutnya yang perlu ada untuk proses pembelajaran yaitu bahan belajar atau buku yang memadai. Hal yang masih menjadi masalah adalah banyaknya siswa yang tidak memiliki buku pelajaran untuk mengikuti pembelajaran dikelas.

Agar pembelajaran di dalam kelas bisa optimal siswa membutuhkan buku pelajran, latihan, dan berbagai fasilitas yang menunjang aktivitas belajar yang lebih baik. Bukan hanya siswa, seorang guru juga butuh bahan untuk mengajar di kelas, guru wajib berbagi pengetahuan kepada siswanya agar siswa dapat mendapatkan pengetahuan dari seorang guru yang telah mengajarnya.